Berbagai perubahan atau evolusi konsep pemasaran pada era produksi, era penjualan, era konsep pemasaran dan era relasi pelanggan.
Konsep pemasaran mengalami berbagai perubahan atau evolusi empat kali yaitu : 1) Era Produksi Sampai awal tahun 1900-an, Eropa pertama kali memulai perjuangan mereka untuk bertahan hidup di Amerika. Mereka mempunyai filosofi umum bisnis yaitu “produksi sebanyak mungkin, karena ada pasar yang tidak terbatas”. Dengan kapabilitas produksi yang terbatas dan banyaknya permintaan untuk produk-produk pada jama itu, filosofi yang seperti ini logis dan menguntungkan. Para pemilik bisnis kebanyakan adalah petani, tukang kayu, dan pekerja dagang. Kebutuhan diperlukan lebih banyak pada kapasitas produktif, sehingga tujuan bisnis berpusat pada produksi. Ini penting pada saat itu karena sebagian besar barang dibeli segera setelah barang tersedia. Kebutuhan pemasaran yang terbesar adalah distribusi dan penyimpanan. 2) Era Penjualan Pada tahun 1920-an, bisnis berkembang menggunakan teknik produksi masal. Kapasitas produksi sering kali melebihi permintaan pasar. Oleh karena itu,
Komentar
Posting Komentar